Sabtu, 18 Juni 2011

INSTALASI PRINTER PADA REDHAT LINUX 9 (SHRIKE)


Category : Tips N Trik

--// Introduction

Jika Anda tidak puas dengan hasil instalasi standar dari distro yang dipilih, Anda mungkin perlu memasang program tambahan. Memasang program baru di Linux gampang-gampang susah, jika tidak mau dibilang susah-susah gampang.


--// Tutorial

Red Hat menggunakan paket RPM (Red Hat Package Management), berupa program yang dipaketkan dengan nama file berakhiran RPM. RPM merupakan salah satu alternatif paling populer untuk melakukan instalasi, karena mudah.

Instalasi menggunakan paket RPM (Red Hat):

1. Anda dapat mengklik icon Main Menu (Bergambar topi merah yang terletak di pojok kiri bawah) -> System Settings -> Add/Remove Applications. Anda mungkin akan diminta untuk memasukkan //Password Root// untuk menjalankan aplikasi ini, jika login sebagai users.

Anda kemudian akan mendapatkan sebuah jendela bernama Package Management (tertulis di pojok kiri atas dari jendela tersebut).

2. Pilihlah menu yang tersedia dengan memberikan tanda cek pada pada sisi kiri pilihan. Jika anda ingin lebih spesifik, klik Details berwarna biru pada sisi kanan, maka Anda akan mendapatkan rincian program yang tersedia untuk pilihan tersebut.

Setelah memilih program yang diinginkan, klik tombol Update yang terletak disebelah kanan bawah dan komputer akan melakukan persiapan (termasuk melakukan cek untuk //program dependency//) untuk memasang program yang telah dipilih.

Catatan: Dependency! Kata yang cukup membuat masalah pada setiap kali instalasi. Dependency berarti sebuah program bergantung pada program lain untuk dapat dipasang. Anggap saja bahwa untuk memasang genting Anda memerlukan sebuah rumah! Ada kalanya sebelum memasang program, Anda perlu memastikan program lain terpasang dengan baik terlebih dahulu. Dari mana mengetahui Dependency sebuah program? Baca saja dokumentasi yang menyertai setiap paket program (biasanya berupa file INSTALL atau README) atau cari alamat URL pembuat program tersebut.

3. Klik tombol Continue untuk meneruskan

4. Red Hat akan meminta Anda untuk memasukkan salah satu CD yang anda punya. Masukkan CD yang diminta kemudian klik OK

5. Tunggu saja hasilnya. Komputer akan mulai melakukan instalasi untuk Anda.

Catatan: Artikel ini dapat Anda baca juga di Koran Tempo tanggal 09 September 2003

--// Thanks To :

Terima kasih kepada ALLAH S.W.T yang telah memberikan hidayah,nikmat,serta anugrahnya.
Terima kasih Kepada keluarga & orang tua atas support nya ^.^
Terima kasih kepada ( Dian Distriosi ) atas support serta inspirasinya.. Love u fuLL bebz..
Terima kasih juga kepada semua teman-teman komunitas IT (baik undergraound maupun uperground) atas informasinya.
Terima kasih kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu..

Sumber : David Sudjiman, Aktivis KPLI Jakarta

~~systemroot.exe~~

0 komentar:


:: sYst34mr00t :: © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute