Rabu, 09 Februari 2011

PERBEDAAN VIRUS,SPYWARE & TROJAN


Category : News

--// Definisi Virus

Virus komputer merupakan sebuah program komputer yg sifatnya merusak,atau sekedar hanya "menumpang" dalam sebuah komputer. Biasanya virus komputer ini akan merusak data-data komputer yang telah di infeksi,kemudian menyembunyikan data-data asli nya. Namun tidak sedikit juga yang membuat virus komputer,namun bertujuan untuk membuat CRASH (merusak) komputer itu sendiri. Banyak cara yang bisa digunakan untuk membuat virus komputer. Dari cara yang rumit menggunakan bahasa pemrogramman (VB,Delphi,C,Batch,dll) sampai pada cara termudah,bahkan orang awam pun bisa membuat nya dengan menggunakan tools virus generator (VB Vimaker32).

--// Definisi Spyware

Spyware merupakan sebuah program mata-mata (spy) yang sifatnya tersembunyi dalam system komputer. Biasanya spyware ini bertugas untuk mencuri data-data penting pada komputer yang telah di masuki untuk kemudian di kirim kepada pembuat spyware (Hacker) dengan maksud & tujuan tertentu. Salah satu jenis dari program spyware ini adalah "Keylogger". Keylogger adalah sebuah program yang termasuk kategori spyware,karena ia bertugas untuk menyimpan setiap ketukan pada keyboard,dan mengirimkan hasil ketukannya ke si pembuat/pengirim keylogger. Bayangkan jika yang di ketik oleh korban adalah ID Account Facebook,Twitter,Email yahoo/gmail,atau Account e-banking. Oleh karena itu,berhati-hatilah jika anda melakukan LOGIN kedalam account apapun milik anda di lingkungan warnet,bahkan di komputer milik anda sendiri.

--// Definisi Trojan

Trojan tidak dapat menggandakan diri seperti layaknya virus komputer,namun program trojan ini bertugas untuk mengakses langsung komputer yang ingin di bajak nya (remote monitoring). Banyak cara yang bisa digunakan untuk menyusupkan program trojan ini kedalam komputer target. Misal dengan cara menggabungkan program trojan ini dengan aplikasi program lain,sehingga akan mengecohkan korban. Bisa juga dengan mengirimkan email kepada calon korban,dengan memberikan alamat link yang nantinya jika korban meng-klik link tersebut,akan mendownload aplikasi trojan tersebut dan mengelabui korban dengan mengatakan bahwa aplikasi tersebut merupakan aplikasi pemusnah virus komputer. Operasi-operasi yang bisa dilakukan apabila trojan telah berjalan di komputer korban seperti menjadikan komputer korban menjadi "Botnet" untuk melakukan spam,ataupun serangan DDoS Attack,pencurian data pribadi,merusak komputer,ataupun sekedar iseng dengan komputer tersebut,sehingga korban mengira komputer nya seperti hantu. Be carefull !

--// Firewall Tidak Selamanya Memproteksi Virus

Firewall bertugas untuk melakukan block terhadap akses dari luar ataupun melakukan block terhadap akses yang tanpa di izinkan/otorisasi dari aturan tertentu. Semua arus data yang keluar-masuk dalam jaringan lokal,akan diseleksi oleh firewall,apakah arus data tersbut dapat dikirim/diterima sesuai keamanan yang ada. Disini yang perlu diperhatikan adalah,dengan mengaktifkan firewall,belum tentu komputer kita akan terlindungi dari serangan virus,spyware,trojan & worm. Firewall memang lumayan bisa di andalkan untuk mengantisipasi serangan worm,namun untuk virus,spyware,trojan,mereka bisa masuk kedalam komputer tanpa terdeteksi oleh firewall (dengan manipulasi/binding) lalu setelah berjalan di komputer,virus komputer mampu men-disabled firewall,sehingga makin mengeksiskan dirinya. Namun bukan berarti anda tidak jadi meng-aktifkan firewall,namun dalam hal ini anda selalu dituntut untuk selalu waspada terhadap file-file asing,ataupun informasi yang tidak bisa dipercaya.

--// Virus Tidak Dapat Merusak Hardware

Kebanyakan orang menganggap komputer mereka yang sudah terkena virus,mereka takut bahwa virus tersebut bisa merusak hardware dari komputer tersebut. Meskipun banyak varian virus yang dapat membuat kinerja processor menjadi sangat lambat,bahkan terkadang menampilkan pesan "Fatal Error",namun hal tersebut bukan berarti hardware menjadi rusak. Apabila virus telah dibersihkan dari system,maka kinerja komputer yang sebelumnya lambat,maka akan berjalan normal kembali.

--// Muncul Pesan Error Bukan Selalu Ulah Virus

Jika tiba-tiba komputer kita muncul pesan "Application Error",bukan berarti itu merupakan ulah dari virus. Bisa saja aplikasi tersebut tiba-tiba menjadi corrupt yang disebabkan listrik padam pada saat proses penulisan data,bad sector pada harddisk,atau bahkan terjadi konflik dengan program antivirus yang pada saat itu sedang berjalan.Langkah terbaik adalah dengan melakukan scan terhadap file tersebut,jika antivirus tidak mendeteksi virus,maka ada hal lain yang menyebabkan aplikasi tersebut memunculkan pesan error.

--// Antivirus Bukan Segalanya

Apakah anda termasuk orang yang selalu bergantung kepada antivirus untuk mengantisipasi serangan virus ??? Jika iya,maka anda dalam masalah besar. Semakin hari,semakin banyak varian virus terbaru dengan varian infeksi yang semakin membahayakan para pengguna komputer. Maka dari itu,kita tidak dapat sepenuhnya menggantungkan keamanan komputer kita dengan antivirus. Meskipun antivirus yang kita punya sudah sering kita up-date,namun nyatanya masih saja ada virus yang lolos scanning,dan menginfeksi komputer kita,apalagi yang tidak menggunakan antivirus ??? Cara yang paling ampuh untuk meminimalisir serangan virus terhadap komputer kita adalah faktor :
1. Human
    Kita harus selalu waspada terhadap file-file asing yang tiba-tiba muncul setelah kita browsing internet/mendownload dari internet. Karena kebanyakan virus akan aktif,jika kita meng-eksekusi file virus tersebut tanpa kita ketahui.
2. Program
    Maksudnya adalah,kita juga harus memasang antivirus yang memang sudah terkenal kemampuannya dalam hal scanning. Misal Avira Antivir,AVG,Kaspersky,Norton,PCMAV,SMADAV,dll. Jangan lupa untuk selalu meng-update virus database dari program antivirus yang kita punya,agar memperkuat proses pengenalan terhadap jenis varian virus terbaru.

--// Thanks To :

Terima kasih kepada ALLAH S.W.T yang telah memberikan hidayah,nikmat,serta anugrahnya.
Terima kasih Kepada keluarga & orang tua atas support nya ^.^
Terima kasih kepada mY chemical giRL atas support serta inspirasinya.. Love u fuLL bebz..
Terima kasih juga kepada semua teman-teman komunitas IT (baik undergraound maupun uperground) atas informasinya.
Terima kasih kepada semua pihak yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu..

Info lebih lanjut monggo mampir di :
http://id.wikipedia.org/wiki/Spyware
http://en.wikipedia.org/wiki/Trojan_horse_(computing)
http://id.wikipedia.org/Cacing_komputer

Sumber : Majalah PCMILD edisi 14/2010 * 15-28 juli 2010
~~systemroot.exe~~

0 komentar:


:: sYst34mr00t :: © 2008. Free Blogspot Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute